Thursday, January 21, 2016

TERORIS CINTA





Baru saja Azwajun Muthoharoh
–jilbaber yang biasa dipanggil Azwa itu—
keluar dari gerbang sekolah,
tiba-tiba.....

Az!”

Suara itu tidak asing lagi di telinga Azwa.  Dia menghentikan langkahnya. Menoleh ke sebelah kiri dengan malas.

“Ada apa lagi, Bronx?” tanya Azwa sedikit ketus.
“Gimana dengan tawaran gue itu?”

 Bronx tak berani menatap lama wajah Azwa. Mungkin karena empati dan pamor Azwa yang memancar dari energi tahajjud-nya.

“Kamu belom juga bosen ya?” tanya Azwa menohok.
“Ya iya lah...” jawab Bronx seenaknya. “Kalo gue udah bosen, gak bakalan gue ada di sini lagi...!”
“Heh, playboy tengik!” semprot Nadiva yang dari tadi sudah naik pitam melihat kelakuan Bronx. Jilbaber yang satu ini suaranya lantang dan pemberani.
“Emangnya elo udah gak laku lagi di kalangan cewek-cewek modis itu?” lanjut Nadiva. “Trus... elo ditinggalin ya? Dan sekarang, elo berani-beraninya ngedeketin ukhti gue ini. Kacian de loo...!”
“Gue gak ada urusan sama lo, heh Arab!” balas Bronx sengit.
Nadiva tambah menegang darah keturunannya dibawa-bawa. Untung Azwa segera mengendalikannya.
“Sudahlah, Nad, biar aku yang jelasin,” redam Azwa.
“Begini, cowok,” lanjut Azwa kepada Bronx. “Sebenarnya, jujur aja ya, dari awal-awal aku udah muak dengan cara-cara kamu ini. Nggak sopan, gak berperasaan, gak tahu tempat, semau gue, asal ngomong. Nah, apa kamu belom ngerti sikapku itu?”
“Terserah lo,” sungut Bronx. “Pokoknya, cewek yang gue bidik, mesti gue dapetin. Gitu!”
“Gila lo!” sela Nadiva lagi. “Udah, Az, kita tinggalin aja teroris tengil ini...!”
“Sebentar, Nad,” tahan Azwa memegang lengan Nadiva.
“Oke...” lanjut Azwa kepada Bronx. “Perlu kamu renungin, dalam prinsip hidupku, bahwa laki-laki yang baik ialah untuk perempuan yang baik. Maaf, aku gak bilang kalo diri kamu gak baik. Sekarang kamu silahkan banyak-banyak ngaca diri. Nah, udah waktu zuhur, aku mau pulang dulu. Salam ‘alaikum...”
“Gue gak peduli sama omongan lo...” balas Bronx. “Tunggu aja tanggal mainnya...!”
“Suka-suka lo!” sungut Nadiva. “Mudah-mudahan kesandung batu lo. Dasar teroris cinta picisan...!”

Bronx memandangi kepergian Azwa dan Nadiva. Dalam hatinya penuh tekad membara. Sekuat apa sih seorang Azwa, bisik hatinya. Lihat aja nanti!

***

Malam minggu....

Di rumah Azwa... Daun pintu ada yang mengetuk dari luar. Umi Azwa segera membukakannya....
“Permisi, bu, tante...” ujar si tamu tak diundang itu.
“Ya...” Umi Azwa heran, tamunya gak bilang salam. “Siapa ya?”
“Aku Bronx, temennya Azwa di sekolah,” jawab Bronx. “Bisa ketemu Azwa, bu, tante...?”
“Ooh...” Umi Azwa mempersilahkan duduk.
“Terima kasih,” ujar Bronx sopan.

Sementara di dalam, Azwa dan uminya terlibat perdebatan kecil. Azwa enggan menemui cowok playboy dan teroris tengik itu.

“Aduh, mi... Bilang aja, Azwa itu gak ada. Dia itu anak paling nyebelin di sekolah.”
“Tapi dia sopan, ramah lagi.”
“Bisa aja, mi, dia begitu sementara. Dia itu terus nembak Azwa. Tapi Azwa gak suka sama kelakuannya...”
“Tapi dia ganteng juga lho...”
“Ah, umi, malah ngegodain sih...”
“Sudah, sebaiknya temuin aja, jangan menghindar. Tanya, apa tujuannya. Bersikap tegas, agar orang gak meremehkan kita. Ayo...!”

Akhirnya, Azwa ngeloyor juga keluar...

“Kamu lagi,” sapa Azwa pada Bronx yang sedang deg-degan.
“Eeuu... iya, Az...” sahut Bronx sedikit gugup. Apalagi jilbab dan busana Azwa serba hitam, membuat nyali Bronx menjadi ciut.
“Apalagi sih?” tanya Azwa. “masih soal tawaran itu?”
“Euu... nggak.” Bronx tambah gugup. “Aku cuma mo ketemu kamu aja...”
“Tumben basa-basi kamu robah. Biasanya kan elo-gue.”
“Ini kan... sama kamu.”
“Oo..., jadi kalo sama orang lain gak robah, gitu?”
“Yaa mau sih... Dikit-dikit, gitulah, hehehe...”
“Lantas, kalo udah ketemu begini, mau apalagi?”
“Gue, eh aku, mo ngebuktiin pada temen-temen aku bahwa aku berani dateng ke rumah kamu...”
“Jadi, kamu sekarang udah jagoan nih ceritanya, gitu?” Azwa ketawa kecil. Lucu, pikirnya. Cuma soal kayak begitu dibela-belain.
“Ya gitulah...”
“Heh, Bronx...,” lanjut Azwa. “Semua orangpun boleh dateng ke rumahku, asal dateng secara baik-baik.”

Kemudian Azwa punya ide. Katanya, “Gimana kalo sekarang aku kasih saran kamu, supaya jadi lebih pemberani dan jagoan lagi. Mau gak?”
“Boleh,” Bronx mengangguk seperti kerbau yang sudah dicocok hidungnya.
“Coba sekali-kali kamu dateng ke pengajian, gimana?”

Bronx sedikit kaget. Dia orang yang hampir tidak pernah ikut pengajian.

Takut?” tembak Azwa.
“Gaaak...” Bronx menggelengkan kepala.
“Kalo kamu bisa, akulah orang pertama yang bilang jagoan!”
“Oke...”

Sepanjang jalan pulang, jiwa Bronx bergolak. Terjadi dialog dalam dirinya...

Kenapa gue mesti nurutin saran di Azwa ya?
“Kan mo jadi jagoan!”
Tapi, itu kan namanya gue kalah.”
“Siapa tau itu jalan buat ngedapetin Azwa.”
Iya juga ya. Cumen masalahnya, temen-temen gue bisa teriak-teriak: Bronx kalah!”
“Apa salahnya mengalah dulu, terus menang!”
Bener juga tuh.”
“Nah, udah siap jadi jagoan versi Azwa?”
Oke, siap!”

***

Pengajian akbar di Mesjid Agung baru saja usai. Pengajian ini dilaksanakan tiap tahun dalam rangka menyambut Tahun Baru Hijriyah. Semua jamaah bersiap-siap hendak pulang.

Dua orang perempuan menuju ke mobil yang diparkir di pinggir jalan. Seseorang mendekati dua perempuan itu dari belakang....

Assalamu ‘alaikum...”
Wa’alaikum salam. Bronx?”
“Ya Azwa.”
“Kamu ini bener-bener kayak teroris, di mana aja ada, selalu ngagetin...!”
“Gue, eh aku, minta maaf,” ujar Bronx merendah. “Aku mo bilang, mulain malem ini gak ada lagi yang namanya Bronx, teroris, playboy atau apalah....”
“Bener?” Azwa belum yakin.
“Akan aku buktikan,” tandas Bronx.
Alhamdulillah,” gumam Azwa. Mudah-mudahan anak ini kembali menjadi Rosyidin lagi seperti dulu, yang lugu, sederhana dan juara....
“Hanya itu aja, Az, maksudku ini...” Bronx hendak membalikkan badannya untuk pergi.
“Eh, tunggu...,” tahan Azwa. “Aku belom bilang ke kamu kalo kamu....”
Jagoan?” potong Bronx. “Kamulah yang jagoan, Az...”

Sesaat Azwa tercenung memandangi kepergian Bronx dalam temaram malam. Hatinya mulai simpati. Kamulah yang jagoan, batinnya kepada Bronx. Seperti ada yang tercuri dalam ruang batinnya.

“Sudahlah, besok masih ada waktu...” ujar umi menyadarkannya. Beliau mengerti perasaan apa yang sedang bergolak dalam dada puterinya saat ini.....

********

No comments:

Post a Comment

KETIKA CINTA BERCADAR: FOTO SLIDE SHOW

FOTO SLIDE BUKU "KETIKA CINTA BERCADAR" Ini adalah beberapa ulasan secara slide tentang buku KETIKA CINTA BERCADAR.